Berani Gagal (Orang Yunani Mengidap Penyakit Berperang)

Alkisah, Pada suatu ketika ada seseorang lelaki tua bijaksana yang tinggal di puncak gunung (tidak kutahu mengapa tetapi memang menjadi lazimnya bahwa seorang lelaki tua yang bijaksana semestinya tinggal di puncak gunung). Setiap kali penduduk kampong mempunyai masalah, mereka akan mendaki gunung dan meminta nasihat orang tua tersebut..

Pada Suatu  hari ada seorang pemuda cukup yang sukses ukuran waktu itu memutuskan untuk mendaki gunung dan meminta nasihat orang tua tersebut.

“Wahai Bapak yang bijaksana “’ Tanya pemuda , “ Apakah yang membuat seseorang itu benar benar unggul ?”

Si Orang  tua merenung seketika, lalu menjawab, “Apakah kamu benar benar ingin tahu ?”Ya, ya, “ jawab si pemuda.

“Baiklah,” kata si orang tua. “Aku akan beritahu kamu melalui sebuah cerita.”

“ Pada suatu masa ada Seorang berbangsa yunani megidap penyakit yang membawa maut. Karena mengetahui bahwa beliau tidak lama lagi akan mati, beliau menjadi orang pertama yang menjadi tentara apabila negaranya berperang dengan musuh. Dengan harapan agar mati di medan perang, beliau lalu berjuang, maju di barisan terdepan, tanpa memperhatikan nyawanya. Akhirnya, perang usai dan dimenangkan negaranya, beliau masih juga hidup ! Panglimanya begitu kagum dengan keberanian beliau yang telah memberi sumbangan besar terhadap kemenangan mereka,dan memutuskan untuk menaikkan pangkat beliau serta menganugerahkan lencana maupun piagam dan kehormatan . Di hari penganugerahan, beliau kelihatan murung dan sedih. Karena keheranan si panglima bertanya kepada beliau, “Apa yang menyebabkan kamu bersedih ?” Beliau menjawab “ Aku mengidap penyakit yang mematikan “. Bagaimana mungkin dia membiarkan seorang pahlawan seberani itu mati begitu saja ? Lalu si Panglima mencari tabib terbaik untuk mengobati sehingga akhirnya  beliau sembuh. Namun demikian, sejak saat itu, si pahlawan yang dulu nya brgitu berani tidak lagi di barisan depan! Beliau senatiasa menjauhkan dirinya dari bahaya, berusaha melindungi nyawanya dan tidak lagi mempertaruhkannya seperti dahulu!”

“Orang muda, jika kamu ingin benar unggul, kamu hendaknya jangan takut mati, dan berani GAGAL !”

“ Janganlah menilai orang yang mencoba dan gagal, Tetapi nilailah orang yang gagal mencoba”.

(Sumber : Berani Gagal, Billi PS.Lim)
Comments
0 Comments