Menggendong Dalam Pikiran ( Kisah Guru dan Murid )

Pada suatu hari ada dua orang yaitu seorang guru dengan muridnya melakukan perjalanan menuju suatu desa untuk mengabarkan pengajaran.

Ditengah perjalanan, dua orang itu bertemu seorang wanita yang hendak menyebrang sungai. Wanita itu takut menyebrang, karena arus cukup deras. Dan kebetulan kedua orang ini juga akan menyebrang sungai. Si guru yang lebih tua menawarkan diri untuk menggendong si wanita. Wanita tersebut setuju. Akhirnya mereka bertiga menyebrang dengan selamat.

Selama perjalanan, si murid yang lebih muda itu selalu menggerutu. Sampai pada akhirnya gurunya tidak tahan lagi. Dia bertanya apakah ada masalah. Si murid berkata, “Bukankah kita diajarkan untuk tidak bersentuhan dengan wanita ?”

Jawab si guru, “Oh, jadi itu yang membuatmu muram dan menggerutu sepanjang perjalanan. Aku sudah menurunkan wanita itu di pinggir sungai, engkau masih menggendongnya sampai disini.”

Kawan, sering kali pikiran kita berkelana liar. Pikiran yang bersih akan membuat tindakan kita baik. Gurunya berpikiran menolong, tidak ada pikiran lain. Sedangkan si murid berpikiran hal-hal sensual dengan menggendong seorang wanita.

Semoga bermanfaat
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: